Harga Buah Mangga

Posted on

Harga Buah Mangga – Sebagai buah yang tumbuh di daerah tropis, Mangga pun banyak tumbuh subur di Indonesia. Dahulu saat panen musim buah Mangga terjadi serempak. Sehingga stoknya melimpah di pasaran.

Stok yang berlimpah ini menjadikan harga buah Mangga sekilo dari petaninya bisa hanya Rp. 2000,-. Namun, musim buah ini sekarang terjadi hampir sepanjang tahun. Hal ini menyebabkan harganya naik dan lebih stabil dibandingkan dulu

Buah Mangga di Pasaran

Memasuki tahun 2017, harga buah-buahan lokal mengalami kenaikan. Termasuk dengan harga buah Mangga. Bahkan di beberapa pasar mengalami kelangkaan di hingga ke daerah sampai sekarang.

Pasar-pasar kecil di Jawa Tengah seeperti di kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal dan daerah-daerah lain hampir di seluruh Jawa mengalami kelangkaan stok. Kelangkaan ini juga dialami di luar Jawa seperti Bangka dan Balikpapan.

Pengakuan pedagang buah di pasar Sungailiat para supplier buah tiba-tiba tidak menyetok. Karena hal inilah membuatnya semakin susah dicari.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan harga Mangga. Diantaranya cuaca yang buruk, berkurangnya hasil panen, meningkatnya permintaan, dan penyesuaian harga buah impor.

Namun, memasuki di minggu ke dua bulan Januari 2017 kemarin, Palembang kebanjiran panen buah Mangga. Hal ini membuat harganya jatuh.

Buah yang distok ke sejumlah pasar di Kota Palembang didapat dari para pengumpul di Sumatera Selatan. Jenis yang terbanyak distok adalah Mangga Harum Manis dan Simanalagi.

Harga sekilo Mangga Harum Manis dan Manalagi berkisar Rp. 6000,- hingga Rp. 7000,-.

Dari situs resmi pasar induk update Juni 2017, mangga Rujak dibandrol Rp. 9000,- per kilogram, Mangga Muda Rp. 10.000,- per kilogram, Kweni Rp. 12.000,-per kilo, Cengkir Rp. 10.000,- per kilo, Bem Bem Rp. 11.000,- per kilo. dan Indramayu Rp. 15.000,- per kilo.

Sejauh ini, telah dilakukan beberapa usaha percepatan pembuahan sehingga panen buah tak lagi bergantung pada alam. Dengan begitu, petani dan bandar bisa mengupayakan untuk menjaga ketersediaannya di pasaran.

Jumlah bandar yang siap mendistribusikan mangga dari daerah sentra buah Mangga ke luar daerahpun semakin bertambah. Hal ini akan mempercepat proses pemasokan buah Mangga.

Mahalnya dan langkanya buah Mangga di banyak pasar tradsional menjadi fenomena yang harus segera dicari akar masalahnya. Keterlibatan pemerintah mungkin diperlukan.

Contohnya saja kalau faktor naiknya harga mangga lokal dikarenakan penyesuaian terhadap buah impor. Dalam hal tersebut, tentu butuh kebijakan pemerintah yang lebih berpihak pada stabilnya harga buah lokal.

Harga Buah Mangga Manalagi dan Harum Manis

Sejaunh ini, Mangga Manalagi dan Harum Manis menjadi mangga terfavorit masyarakat Indonesia. Keduanya berasal dari Jawa timur. Mangga Manalagi dari daerah Situbondo dan Harum Manis berasal dari Probolinggo.

Bentuk buah Mangga Harum Manis jorong dengan daging yang tebal. Rasa di bagian pucuknya terkadang asam walaupun bagian tengah dan pangkalnya terasa sangat manis. Baunya sangat harum dan khas.

Sedangkan buah Mangga Manalagi berbentuk lonjong. Kulitnya yang tebal membuat buah Manalagi awet. Dagingnya berserat dan keras. Lebih padat dibandingkan Harum Manis.

Masa panen buah Mangga Harum Manis biasanya di bulan September sampai Oktober. Pada masa awal-awal, pohon Mangga Harum Manis tidak menghasilkan buah yang banyak hanya sekitar 15 buah.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, jumlah buah yang dihasilkan terus bertambah hingga 300-500 buah dalam satu pohon.

Sebagai Mangga yang paling diminati, berikut adalah hasil survey harga buah Mangga Manalagi dan Harum Manis di beberapa pasar sentra produksi pada tahun 2017.

Untuk mempermudah membandingkan harga sekilo buah Mangga Harum Manis dan Manalagi, perhatikan tabel berikut:
Lokasi Pasar Sentra Harga Mangga Harum Manis Harga Mangga Manalagi
Pangalengan Rp. 14.500,- Rp. 15.300,-
Cianjur Rp. 13.000,- Rp. 15.000,-
Ciwidey Rp. 14.300,- Rp. 15.400,-
Cikajang Rp. 14.500,- Rp. 15.550,-
Induk Kramat Jati Rp. 14.500,- Rp. 15.800,-
Pasar Senen Blok III Rp. 14.000,- Rp. 15.580,-
Faktor yang Mempengaruhi Harga Mangga

Peneletian dilakukan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan buah Mangga selama 10 tahun dari tahun 1994 – 2003 di Jawa Timur.

Didapatkan hasil bahwa harga buah mangga, pendapatan masyarakat, kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi buah mangga, dan harga jeruk sebagai buah alternatif lain sangat mempengaruhi.

Sedangkan, untuk mengatur tingkat penawaran buah Mangga, luas area panen, jumlah penduduk, teknologi pertanian dan pemrosesan buah Mangga, menjadi faktor-faktor yang signifikan.

Rata-rata pertumbuhan permintaan terhadap buah Mangga yaitu 0,87% dan tingkat penawarannya sebesar 19,28%.

Hubungan antara variabel-variabel penawaran dan permintaan inilah yang mengatur harga buah Mangga di pasaran. Petani, bandar besar, dan penjual sangat berperan dalam mengatur tingkat penawarannya sehingga permintaan stabil.

Daerah Penghasil Mangga

Untuk mendapat harga buah Mangga murah, Anda dapat dengan langsung mendatangi petani, pemetik, atau bandar Mangga. Atau mendatangi daerah-daerah penghasil buah Mangga dalam jumlah yang besar di Indoensia.

Daerah-daerah ini bisa menjadi rujukan Anda yang ingin usaha di sektor Mangga atau hanya untuk sekedar berwisata buah.

Anda bisa mendatangi sentra Mangga di Kabupaten Majalengka. Ada beberapa pengahasil Mangga berkualitas tinggi. Antara lain di desa Sidamukti, kelurahan Munjul, desa Pasirmuncang, desa Cijurey, Pejaten, kecamatan Panyingkiran, serta sebagian kecamatan Kertyajati.

Kualitas buah Mangga Super dari daerah-daerah tersebut diekspor ke Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi. Sedangkan yang lainnya dikirim ke sejumlah daerah di Indonesia.

Indramayu pastinya sudah sangat dikenal sebagai kota Mangga. Produksi buah Mangga di kota Indramayu berlimpah dan tanahnya sangat cocok sebagai media tanam buah Mangga.

Jenis tanah yang cocok untuk pembudidayaan buah Mangga ini menjadikan Mangga dari daerah Indramayu terkenal enak dan manis.

Cirebon juga menjadi daerah penghasil buah Mangga yang banyak. Salah satu produk buah Mangga unggul yang tumbuh di Cirebon adalah Mangga Gedong Gincu. Nama ini didapat dari penampilanya yang cantik dan cerah.

Mangga ini banyak digemari walaupun termasuk jenis buah Mangga yang mahal. Hal ini karena rasa Mangga jenis ini sangat manis dan memiliki kandungan air yang banyak.

Di luar pulau Jawa, kota Binjai adalah daerah yang tanahnya subur dan cocok untuk menanam pohon Mangga. Mangga yang khas dari daerah ini yaitu Mangga Kemang atau Mangga Binjai.

Harga buah Mangga di daerah-daerah penghasil mangga tentu akan lebih murah. Harga lebih bersaing dan minus biaya transportasi.

Dalam skala dunia, Indonesia adalah negara ke empat penghasil buah Mangga. Di posisi pertama ada India dengan 15.188.000 ton.

Posisi ke dua yaitu Cina. Cina dapat memproduksi sebanyak 4.350.000 ton buah mangga. Di bawah Cina yaitu Thailand karena mampu memproduksi 2.600.000 ton buah mangga.

Baru Indonesia dengan produksi buah mangga berkisar 2.131.139 ton. Di urutan ke lima yaitu Pakistan sebanyak 1.888.449 ton.

Incoming search terms:

  • harga mangga muda
  • harga mangga sekilo
  • harga mangga harum manis 1 kg
  • harga mangga muda per kg
  • jual mangga manalagi karawang
  • harga mangga sekarang berapa
  • harga mangga muda perkilo
  • harga buah mangga di pasar keramat jati
  • harga buah mangga 1 kilo
  • Harga mangga/kg di sragen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *