Harga Buah Kiwi

Posted on

Harga Buah Kiwi – Buah yang penampakan luarnya sekilas Sawo ini sebenarnya adalah jenis Beri. Di Indonesia, buah ini identik dengan Selandia Baru.

Hal ini karena sebagian besar buah yang dijual di supermarket seperti giant dan carrefour memang di impor dari Selandia Baru.

Tetapi konon Kiwi sebenarnya berasal dari Cina. Karena merupakan buah impor, maka harga Kiwi sangat dipengaruhi oleh nilai kurs rupiah terhadap dollar.

Produsen terbesar yang mengekspor Kiwi adalah Zespri dari Selandia Baru. Buah yang diimpor dari perusahaan ini merupakan jenis yang paling berkualitas. Perusahaan ini bekerjasama juga dengan badan riset untuk mengembangkan varietas-varietas baru dari buah tersebut.

Ada sekitar 50 jenis varietas buah Kiwi. Kualitas akan mempengaruhi perbedaan harga setiap varietas buahnya. Salah satu varietas buah Kiwi andalan adalah Kiwi Hijau Manis (sweet Green Kiwi). Varietas ini yang lebih banyak mendominasi pasar.

Dulu, kiwi dianggap sebagai buah empat musim. Sehingga tidak mungkin dapat tumbuh di Indonesia. Namun, akhir-akhir ini malah semakin banyak petani buah Kiwi yang tertarik menanam buah Kiwi.

Hal ini karena telah terbukti bahwa Kiwi dapat pula tumbuh di negara dengan dua musim. Dapat ditanamnya buah ini di Indonesia pastinya mempengaruhi harga jual buah Kiwi di pasaran.

Berbagai Jenis Buah Kiwi

Seperti telah dijelaskan, ada sekitar 50 varietas dari buah ini. Tapi yang paling dikenal di Indonesia adalah Kiwi Hijau dan Kiwi Kuning.

Keduanya memiliki karakternya masing-masing. Buah yang diimpor dari Zespri telah diberi label di setiap kulitnya untuk membedakan jenis buah kiwi hijau dan Gold.

Label buah Kiwi hijau berwarna hijau dan Kiwi Gold berwarna emas. Salah satu cara untuk menentukan kematangan buahnya yaitu dengan memencet buahnya. Namun, ada yang menarik.

Ada perbedaan cara memencetnya. Menentukan kematangan kiwi kijau yaitu dengan dipencet di bagian ujungnya. Sedangkan kematangan jenis Gold dapat ditekan di seluruh bagian buah. Begitu pula dengan jenis SunGold.

Kiwi Hijau

Dari tampilan luar bentuk buah Kiwi Hijau hampir menyerupai Sawo termasuk ukurannya. Berbentuk lonjong dan kulitnya berwarna coklat muda. Terdapat bulu-bulu halus yang menyelimuti seluruh permukaan kulit.

Apabila dibelah, daging buah Kiwi Hijau berwarna hijau sesuai dengan namanya dan terdapat kumpulan biji-biji kecil berada di tengah. Biji-biji ini dapat dimakan. Ujung-ujung jenis ini berbentuk pipih.

Ada kandungan rasa asam saat digigit. Namun, dengan semakin populernya Sweet Green Kiwi atau Kiwi Hijau Manis, rasa asam ini semakin berkurang.

Proses produksi jenis ini lebih lama dibandingkan jenis Gold. Masa panennya berkisar dari bulan Mei hingga Januari.

Masa panen yang lebih lama ini juga bisa menjadi faktor harga buah ini lebih murah dibandingkan buah lainnya.

Kiwi Hijau kaya akan enzim Actinidin. Enzim ini berfungsi dalam penguarain protein di dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan E dari Kiwi Hijau lebih rendah daripada Kiwi Gold. Tetapi dibandingkan dengan buah-buah sumber penghasil vitamin C yang lain, buah ini masih yang tertinggi.

Kiwi Gold

Tampilan buah ini hampir menyerupai Kiwi Hijau. Hanya saja warna kulitnya lebih coklat dengan bulu-bulu yang lebih halus di seluruh permukaan kulit. Di bagian ujung, ada kerucut yang berbentuk mahkota.

Daging buahnya berwarna kuning keemasan. Biji-bijinya berwarna merah dan hitam. Kandungan Vitamin E, C, dan nutrisi lain lebih tingi dari Kiwi Hijau. Rasanyapun lebih manis.

Masa panen untuk buah ini hanya berkisar empat bulanan dari bulan Mei samapai bulan Agustus.

Kandungan nutrisi, rasa, dan masa panen yang lebih sedikit dibandingkan Kiwi Hijau menjadi faktor harga Buah Kiwi Gold jauh lebih mahal.

Kiwi SunGold

Jenis baru yang sedang gencar dipromosikan akhir-akhir ini adalah jenis SunGold. Ini adalah jenis varietas baru dari Kiwi Gold.

Keunggulan dari jenis ini adalah bentuknya yang lebih sempurna dan lebih tahan lama. Hanya saja, waktu mengkonsumsi Kiwi SunGold sebaiknya dipastikan pada saat bauhnya mencapai kematangan yang tepat. Karena apabila tidak, rasanya akan terasa asam.

Khasiat Buah Kiwi

Merujuk pada sebuah jurnal di the American College Nutrition pada tahun 2010, dinyatakan bahwa buah ini mengandung kepadatan nutrisi tertinggi.

Studi ini membandingkan kandungan nutrisi dari 28 buah yang umum dikonsumsi dan sebagian besar menjadi sumber buah vitamin C. Diantaranya yaitu nanas, apel, tomat, pepaya, dan jeruk.

Banyaknya nutrisi yang dikandung membuatnya memiliki berbabagi khasiat. Diantaranya, banyaknya sertat yang dikandung akan sangat membantu pencernaan tubuh.

Serat dari kiwi juga sangat baik dalam menyerap lemak sehingga baik untuk diet dan menurunkan berat badan.

Berikutnya Senyawa anti oksidan yang dihasilkan dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan-kerusakan sel dikarenakan faktor oksidatif.

Hal ini berarti dapat berperan untuk mencegah dan melawan kanker. Kiwi juga bersifat sangat Basa. Sifat ini akan berperan dalam menyeimbangkan Alkali tubuh.

Manfaat lainnya yaitu dapat melawan penggumpalan darah.

Harga Buah Kiwi sebagai Buah Impor

Sejak pertengahan tahun 2016 ketersediaan buah impor di pasaran semakin berkurang. Bahkan beberapa buah mengalami kekosongan.

Hal ini mengakibatkan lonjakan harga buah impor hingga dua kali lipat. Akibatnya harga buah Kiwi per kilogram juga naik.

Contoh harga buah impor di Pasar Gede, apel Fuji naik hingga tiga kali lipat dari harga Rp. 35.000,- melonjak ke harga Rp 100.000.

Buah pir bahkan melonjak hingga empat kali lipat dari Rp. 20.000,- melejit ke Rp 80.000 per kg. Beberapa buah hanya naik kurang lebih sepertiga dari harga sebelumnya.

Contohnya Apel merah dari harga Rp20.000. menjadi Rp 30.000 per kg. Anggur juga naik sekitar Rp. 10.000,- ,menjadi Rp. 60.000,- dari yang sebelumnya Rp. 50.000,-.

Namun di tengah lonjakan harga yang tinggi itu, kenaikan harga Kiwi termasuk tidak signifikan yaitu dari Rp. 60.000,- ke harga Rp. 65.000,-.

Update harga di bulan Agustus 2017,

Harga Kiwi Hijau per kilogram berada di kisaran Rp. 83.000,-.

Harga Kiwi Gold per kilogram lebih mahal dengan harga di kisaran Rp. 115.000,-.
Pasar Buah Kiwi di Indonesia

Permintaan pasar buah Kiwi di Indonesia mengalami peningkatan konstan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2009 bahkan impor buah Kiwi mengalami lonjakan dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dan di tahun 2010 permintaan buah ini naik sampai 60%. Di Asia, permintaan paling besar ada di Malaysia dengan 36%, kemudian Singapura 19% dan Indonesia 12%.

Tak hanya di Jawa, pemasaran buah Kiwi juga akan diperluas ke luar Jawa dan wilayah Indonesia timur.

Sebagai buah impor, harga buah Kiwi memang sangat dipengaruhi fluktuasi kurs mata uang dunia. Namun, karena khasiat dan rasanya, permintaan Kiwi di pasar Indonesia masih tinggi dan cenderung mengalami kenaikan yang konstan.

Incoming search terms:

  • harga buah kiwi
  • harga buah kiwi perkilo
  • harga buah kiwi per kg
  • harga buah kiwi 1 biji
  • petani kiwi
  • Harga buah kiwi per kilo
  • harga buah kiwi disemarang
  • harga buah kiwi di surabaya
  • harga buah kiwi daerah jateng
  • harga buah kiwi 1kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *