Harga Buah Kesemek

Posted on

Harga Buah Kesemek – Kesemek dikenal dengan buah organik yang kini memiliki nilai ekspor yang cukup tinggi. Padahal beberapa tahun yang lalu buah kesemek tidak diunggulkan sebagai buah produksi nasional.

Harga buah kesemek pun hanya bisa mencapai Rp 1.500/kg. Tidak heran jika banyak petani yang membiarkan buah ini matang di pohon dan akhirnya tidak dipanen. Namun saat ini buah kesemek banyak dicari oleh pengusaha, harganya pun mulai naik menjadi Rp 2.500/kg dari petani.

Peningkatan harga tersebut dipicu oleh tingginya kebutuhan akan buah kesemek sebagai minuman, obat, dan bahan dasar kosmetik. Bahkan buah ini sampai diekspor ke Malaysia dan Singapura.

Buah ini cukup penting dalam tradisi Jepang dan Tiongkok, sehingga nilai ekonominya tinggi. Saat ini komersialisasi produksi kesemek telah meluas hingga ke Australia, Selandia Baru, dan Israel. Di Israel buah ini dinamai sebagai Sharon fruit saat diekspor.

Di Indonesia, Thailand, dan Malaysia, produksi kesemek umumnya hanya digunakan untuk konsumsi tingkat lokal. Daerah Sumatera Utara, di wilayah Brastagi, pernah secara rutin mengirimkan kesemek untuk Singapura.

Namun saat ini berhenti karena kualitasnya kalah dengan kesemek produk negara-negara lain. Daerah lain di Indonesia yang menghasilkan kesemek misalnya Jawa Barat dan Jawa Timur.

Karakteristik Pohon Kesemek

Pohon kesemek berukuran kecil hingga sedang, yaitu 15 m atau kurang. Bisa berjenis dioesis (dioecious atau berumah dua) dan terkadang monoesis. Bentuk batangnya pendek dan bengkok-bengkok, memliki banyak cabang, serta bersifat menggugurkan daun.

Daun dalam ada dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar telur, bundar, sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.

Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, di ketiak daun, bunga betina soliter, berbilangan 4.

Buah berbentuk gepeng, bulat, dan segi empat, dengan warna hijau kekuning-kuningan hingga merah, dihiasi daun kelopak yang tidak rontok.

Kandungan Buah Kesemek

Beberapa kandungan yang ada di dalam buah kesemek, antara lain :

19,6% karbohidrat.

0,7% protein, kalium, dan vitamin A.

Likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker.

Phytochemical lutein, betakaroten, dan juga

Polifenol.

Berdasarkan hasil riset, ternyata banyak zat kimia penting terkandung di dalam buah kesemek. Seperti senyawa-senyawa antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker dan menghambat proses penuaan dini. Mengonsumsinya pun bisa menghilangkan dahaga, menguatkan limpa, dan menyehatkan paru-paru.

Buah yang dalam bahasa Yunani disebut sebagai food of the God atau makanan para dewa ini memiliki nilai gizi yang cukup baik. Jika dibandingkan dengan buah semangka dan apel, vitamin C dan vitamin A pada buah kesemek lebih tinggi.

Setiap 100 gr kesemek mengandung kalori sebesar 78 kkal, lemak 0,5 gr, protein 0,8 gr, karbohidrat 20 gr (terutama glukosa dan fruktosa), kalsium 6 mg, vitamin C 11 mg, vitamin A 2.710 SI, dan vitamin B1 0,05 mg. Nilai energinya mencapai 320 kJ/100 g.

Kesemek yang masih muda mengandung zat tanin yang disebut tanin-kaki. Zat inilah yang menghasilkan rasa sepat pada buah.

Zat tanin akan semakin berkurang bersamaan dengan masaknya buah. Tanin-kaki digunakan untuk mengawetkan berbagai jenis kerajinan tangan, bahan pengobatan penyakit hipertensi, dan membantu produksi arak-beras di Jepang.

Zat taninnya yang dinamakan ‘kaki’ dimanfaatkan juga dalam penggambaran pakaian atau kertas agar lebih tahan lama. Namun, pemanfaatan utamanya saat ini adalah untuk kerajinan tangan.

Satu butir kesemek yang dikonsumi setiap hari dapat membantu menanggulangi pengerasan pembuluh darah. Kesemek juga berperan untuk menjaga tekanan darah agar tidak melewati batas normal.

Kesemek juga kaya akan kandungan likopen yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker, phytochemical lutein, serat, dan betakaroten. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran pencernaan, sehingga kanker saluran pencernaan dapat dicegah. Serat juga bisa mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan alat pencernaan.

Buah kesemek yang sudah matang, dapat dimakan dalam keadaan segar. Daging buahnya bisa diproses menjadi puri, selai, agar-agar, es krim, dan sebagainya. Bahkan kultivar yang berasa sepat dapat pula diolah menjadi produk kering, serupa dengan buah ara kering.

Cara Budidaya Buah Kesemek

Walaupun berasal dari daerah subtropik, buah ini dapat beradaptasi dengan beragam cuaca pada iklim sedang yang hangat. Budidaya kesemek akan optimal bila dilakukan di dataran tinggi di atas 1000 m dpl.

Namun ada pula kesemek yang berbuah di dataran rendah, seperti di Kucing (Sarawak). Lahan yang terlindungi sangat penting sekali untuk menghindari kerusakan daun muda yang lemah dari embusan angin, dan menghindari lecet-lecet pada bagian buah.

Pohon kesemek bisa beradaptasi terhadap berbagai jenis tanah. Keasaman tanah yang dianjurkan ialah pH antara 5,5-6,5 dengan sistem drainasi yang baik.

Perkembangbiakan kesemek di Indonesia biasanya melalui pemisahan tunas akar yang sudah berumur beberapa tahun. Tanaman yang berasal dari benih tumbuh bercabang, kurus-kurus, dan lemah.

Di daerah subtropik, kesemek biasanya disambung mata tunas dewasanya di atas batang bawah dari benih.

Manfaat Buah Kesemek

Berikut beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan antara lain :

  • Mencegah pengerasan pembuluh darah.
  • Menjaga tekanan darah agar tidak melewati batas normal.
  • Mencegah penyakit kanker.
  • Menjaga kesehatan paru-paru.
  • Menguatkan limpa.
  • Menjaga tubuh agar tetap langsing.
  • Mencegah proses penuaan dini.
  • Kelenturan pembuluh darah terpelihara dan tekanan darah menjadi stabil.

Khasiat lainnya adalah dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain:

  • Penyakit Hipertensi

Buatlah jus dari buah ini dengan menggunakan air hangat. Minumlah setiap hari satu kali.

  • Penyakit Asma dan Batuk Berdahak

Ambil dua potong yang sudah kering, tambahkan air secukupnya kemudian kukus hingga matang. Setelah matang, lembutkan dan tambahkan satu sampai dua sendok madu.

  • Sakit Perut

Kupas satu buah yang masih segar, lalu makanlah. Mengkonsumsinya saat masih segar dipercaya dapat meredakan sakit perut yang berupa nyeri dan rasa panas di perut.

  • Diare dan Disentri

Siapkan dua potong buah yang sudah kering. Rebus hingga lembut hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk dua potong saja. Setelah campuran merata, angkat dan siap untuk dikonsumsi. Gunakan dua sampai tiga kali dalam sehari.

Walaupun harga buah kesemek tergolong murah, namun kandungan dan manfaat buahnya cukup banyak.

Beragam penyakit dapat terobati setelah Anda mengonsumsinya, maka mulailah menjadikannya pilihan menu favorit keluarga Anda.

Bila Anda ingin berhemat, mungkin bisa juga mendapatkan kesemek secara cuma-cuma dengan melakukan budidaya buah kesemek sendiri.

Jadi, bagaimana pendapat anda tentang buah ini? Yuk tulis di komentar.

Incoming search terms:

  • harga buah kesemek
  • harga buah kesemek per kilo
  • harga kesemek
  • harga 1 kg buah kesemak
  • harga buah kesemek per kg
  • harga buah kesrmek

2 thoughts on “Harga Buah Kesemek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *