Harga Buah Kecubung Per Kg

Posted on

Harga Buah Kecubung – Di sebuah penjualan online, harga buah kecubung dipatok dengan harga Rp 80.000,- untuk jenis kering dan Rp 100.000,- untuk yang berjenis serbuk. Sedangkan harga per kilonya bisa mencapai Rp 30.000,-.

Harga tersebut tidak pasti, bergantung pada musim panen dan kesediannya di pasaran. Selain dijual dalam bentuk buah, kecubung juga dimanfaatkan bibitnya untuk dipasarkan.

Kecubung memiliki nama ilmiah Spesies Datura Fastuosa, Datura Metel, dan Linn. Buah ini di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai Kecubung, Kacubung, Cubung (Jawa dan Sunda), Kacobhung, Cobhung (Madura), Tampong-tampong (Bugis), Kucubu (Halmahera, Ternate), Padura (Tidore), Bembe (Bima), Bulutube (Gorontalo), Taruapalo (Seram), Babotek (Timor), dan Karontungan, Tahuntungan (Minahasa).

Sedangkan jika di Sumatera dikenal sebagai Kucubu, Toru Mabo, atau Kecubueng. Nama tumbuhan ini dalam bahasa Inggris yaitu Devil’s Trumpet, Angel’s Trumpet, atau Metel.

Kecubung merupakan tumbuhan jenis perdu yang pokok batangnya berkayu tebal dan bercabang banyak. Biasanya pohonnya tumbuh kurang dari 2 meter. Daunnya berbentuk bulat telur dengan tepinya yang berlekuk tajam-tajam. Cabangnya tumbuh mengembang ke kanan dan ke kiri.

Bentuk buah kecubung bulat dan salah satu ujungnya bertangkai pendek dengan ukuran sekitar 4-5 cm pada diameternya. Bagian luar buah kecubung mempunyai duri-duri sedangkan bagian dalam buah berisi biji-biji kecil gepeng yang warnanya kuning kecoklatan. Namun secara keseluruhan, buah kecubung berwarna hijau.

Daun kecubung berwarna hijau, bentuknya bulat telur, pada bagian tepi berlekuk-lekuk tajam dan letaknya berhadap-hadapan. Bagian ujung daun berbentuk runcing dengan tulang daun yang menyirip.

Bunga kecubung seperti terompet yang berwarna putih atau lembayung. Namun, pada kecubung jenis tanaman hias bisa mempunyai warna bunga yang beragam. Mahkota bunga tanaman ini berwarna ungu. Panjang bunga bisa mencapai 12-18 cm. Bunga kecubung biasanya akan mekar pada senja hari menjelang malam.

Kecubung biasa tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Selain tumbuh liar di hutan maupun ladang, kecubung juga biasanya sengaja ditanam di kebun atau digunakan sebagai tanaman hias di pekarangan. Perkembangbiakan tanaman ini melalui biji atau stek.

Kandungan Buah Kecubung

Semua bagian tumbuhan kecubung, seperti akar, bunga, buah, tangkai, daun, dan bijinya mengandung senyawa alkaloid. Kandungan alkaloid terbanyak terdapat pada akar dan biji yang bisa mencapai angka 0,4-0,9%. Sedangkan daun dan bunganya hanya berkisar antara 0,2 sampai 0,3%.

Karena kecubung mengandung racun berupa zat alkaloid, maka buah ini mempunyai efek halusinogen terutama pada bijinya. Terbukti dalam beberapa kasus ditemukan kasus bunuh diri menggunakan racun biji kecubung.

Hal inilah mengapa kecubung yang memiliki bunga layaknya terompet ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan Angel’s Trumpet dan Devil’s Trumpet. Selain mempunyai khasiat yang bermanfaat, kecubung juga bisa menjadi racun pembunuh.

Gejala keracunan yang biasanya timbul, yaitu sembelit, mulut kering, sensitif terhadap cahaya, dan sakit mata. Pemberian antasida pada umumnya digunakan untuk menanggulangi masalah ini.

Selain itu senyawa alkaloid juga dapat membuat orang mabuk ketika memakannya. Buah yang bunganya berbentuk terompet ini seringkali disalahgunakan sebagai penghilang kesadaran atau pembius. Buah ini pun mengandung meti kristalin yang berefek relaksasi pada otot lurik.

Manfaat Buah Kecubung

Hampir seluruh bagian tanaman buah kecubung dapat digunakan sebagai obat. Hal tersebut disebabkan karena seluruh bagiannya mengandung alkaoida astropin seperti pada tanaman Atropa Belladonna, Scopolamin dan Hyosciamin.

Ketiganya bersifat antikolinergik. Sejauh ini telah digunakan oleh industri farmasi sebagai sumber penting hysciamin yang berguna untuk memberi efek menenangkan kejang-kejang, khususnya pada perut. Berikut ini dipaparkan manfaat buah kecubung serta cara menggunakannya untuk penyembuhan:

  • Obat Reumatik

Pertama siapkan daun dan bunga kecubung secukupnya, bawang merah dan jahe secukupnya. Kemudian tumbuk semua bahan hingga halus. Setelah itu tempelkan pada bagian yang sakit jika sudah ditumbuk.

  • Obat Sembelit

Siapkan daun kecubung dua lembar saja dan olesi sedikit dengan minyak kelapa. Kemudian dipanggang di atas api hingga daunnya layu. Daun yang sudah dipanggang ditempelkan di bawah perut. Lakukankanlah selama 2-3kali sehari.

  • Obat Asma

Irislah beberapa lembar daun kecubung. Kemudian jemur sampai kering. Daun yang telah diiris kemudian dilinting, lalu dihisap seperti ketika menghisap rokok.

  • Sakit Pinggang

Untuk mengobati sakit pinggang dan encok, siapkan 10 lembar daun kecubung yang berbatang warna ungu. Ditumbuk bersama kapur sirih sampai halus, lalu ditempelkan pada pinggang yang sakit. Lakukanlah sampai 2-3 kali sehari

  • Obat Bengkak

Basahi daun dengan minyak kelapa secukupnya. Pangganglah kemudian diremas. Tempelkan pada bagian bengkak, lakukan selama 2-3 kali sehari

  • Obat Eksim

Siapkan 25 g daun kecubung lalu tumbuk dan beri minyak kelapa secukupnya. Hasil tumbukan daun kemudian dipanaskan, saat masih hangat-hangat kuku, gosokan pada bagian yang terkena eksim.

  • Obat Radang Anak Telinga

Ambil 10 lembar daun kecubung lalu dicuci. Giling daun tersebut hingga halus, lalu remas gilingan daun dengan minyak kelapa yang sudah dihangatkan terlebih dahulu, Kemudian peras dan saring. Minyak hasil perasan itu diteteskan pada anak telinga yang sakit. Lakukanlah sebanyak 5 tetes setiap 2 kali sehari.

  • Mengatasi Masalah Ketombe

Siapkan beberapa daun kecubung kering dan minyak kelapa seperlunya. Masukkanlah kedua bahan itu ke dalam botol dan tutup sampai rapat. Jemur di bawah sinar matahari sekitar 1 minggu. Kemudian ambil minyaknya dan oleskan pada bagian kepala setiap pagi dan sore hingga ketombe benar-benar hilang.

  • Mengobati Nyeri Gigi

a. Gosokkan akar pada bagian gusi gigi yang sakit.

b. Tambahkan jahe, kemudian ditumbuk dan ditempelkan pada gusi sebagai penawar rasa sakit.

c. Campukan air jeruk nipis (1 sdm), gilingan akar kecubung (1 sdm), gilingan daun legetan warak (1 sdm), lalu seduh dengan air garam (3/4 cangkir). Kemudian peras dan saring. Gunakanlah untuk kumur-kumur selama beberapa menit.

d. Akar kecubung (50 gr), kunyit (10 gr), daun legetan arak (10 lembar), digiling halus, lalu diseduh dan disaring menggunakan air mendidih. Pakailah untuk berkumur lalu minumlah setelah diberi campuran garam.

Selain bermanfaat untuk pengobatan, ternyata tanaman kecubung ini juga bermanfaat bagi pertanian. Keseluruhan bagian tumbuhan kecubung, dapat dijadikan sebagai pengendali pestisida organik atau hama tanaman. Kecubung yang dapat digunakan sebagai pestisida ini karena tanamannya mengandung Alkaloid yang bersifat alkali atau basa dengan adanya atom N (Nitrogen).

Mengetahui mengenai ilmu buah atau tanaman memang penting. Apalagi jika buah tersebut memiliki dua fungsi yang berbanding terbalik seperti pada buah kecubung. Setelah tahu mulai dari harga buah kecubung, kandungan serta manfaat buahnya, Anda bisa membeli dan mencobanya sebagai obat.

Incoming search terms:

  • Jual Biji kecubung di Surabaya facebook
  • harga buah kucubung
  • www siapa yang beli biji kecubung
  • Jual buah kecubu
  • Jual Biji kecubung di area sidoarjo facebook
  • harga tanaman kucubung
  • harga bunga kecubung
  • harga buah kecubung
  • car dapetin kecubung
  • beli tamanam kecubung

5 thoughts on “Harga Buah Kecubung Per Kg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *