Harga Buah Kecapi Per Kg

Posted on

Harga Buah Kecapi – Harga buah kacapi di pasaran cukup murah. Padahal buah ini termasuk langka dan memiliki banyak manfaat. Mulai dari kayu pohonnya yang bermutu tinggi, rebusan daunnya pun dapat mengobati demam, sampai akarnya juga digunakan untuk mengobati penyakit diare, cacing, sakit perut, dan penambah stamina setelah melahirkan.

Harga buah kecapi per kilo yaitu Rp 3.000,- sampai Rp 6.000,- namun pernah pula harganya mencapai Rp 20.000.- per kg. Buah kecapi yang terkadang tumbuh bebas ini pada umumnya masih tergolong murah dibandingkan dengan buah lain. Namun jangan meremehkan buah satu ini, karena sering kali buah Kecapi sulit ditemukan di pasaran.

Buah kecapi memang tidak lazim dibawa atau dijual di pasar. Kecapi (Sandoricum koetjape) yang bercita rasa manis agak masam, diduga berasal dari Semenanjung Malaya dan Indocina. Bentuk buahnya bulat. berdiameter 5 sampai 6 centimeter.

Kulit luar buah kecapi sangat tebal, sehingga tidak mudah saat mengupas. Jika tidak kuat menjepit, biasanya pisau digunakan untuk membelah buah kecapi. Bahkan ada pula yang membantingnya ke tanah agar pecah. Usaha ini pun memerlukan banyak tenaga, karena kulit buahnya yang berwarna kuning keemasan seperti bola tenis yang benar-benar tebal.

Kandungan Buah Kecapi

Walaupun nilai ekonominya bisa dikatakan nol, buah kecapi sesungguhnya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Karena berdasarkan hasil penelitian ahli biologi, kandungan mineral dan vitamin di dalam kecapi cukup beragam. Kandungan dalam 100 gr buah kecapi yaitu:

Vitamin C 14 mg
Kalium 328 mg
Kalsium 11 mg
Abu 0,7 g
Serat 1,1 g
Karbohidrat 13,7 g
Zat besi 1,2 mg
Fosfor 20 mg
Lemak 1 g
Protein 0,7 g
Air 83,9 mg

Berdasarkan kandungan yang terdapat dalam buah kecapi, ternyata manfaatnya cukup banyak. Manfaat buah kecapi menurut kandungan nutrisinya yaitu:

  • Vitamin C

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan asupan vitamin C yang cukup besar. Vitamin C berguna untuk menjaga pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C juga baik untuk mencegah dan mengobati panas dalam, sariawan, dan berguna pula untuk mengembalikan stamina tubuh.

  • Zat besi

Adanya zat besi di dalam tubuh manusia sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Karena zat besi ini sangat berguna untuk membantu metabolisme tubuh. Zat besi juga berfungsi untuk meregenerasi dan mengontrol sel darah merah di dalam tubuh. Zat ini juga berperan penting untuk memberi asupan oksigen yang diperlukan oleh tubuh manusia.

  • Serat

Serat yang terdapat di dalam buah kecapi bermanfaat untuk menjaga kesehatan penceraan tubuh manusia. Serat tersebut juga berguna untuk melancarkan proses buang air besar. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin serat juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Karena serat dapat membuat perut kenyang.

  • Kalsium

Kalsium adalah vitamin utama yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Tubuh manusia sangat membutuhkan kalsium. Penyakit osteoporosis atau perapuhan tulang dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tubuh.

  • Karbohidrat

Karbohidrat digunakan untuk memberi asupan energi dan kalori di dalam tubuh. Selain itu, karbohidrat juga berperan penting dalam menjaga dan membantu proses metabolisme tubuh manusia.

  • Kalium

Kandungan kalium di dalam buah kecapi berguna untuk manusia. Pada dasarnya kalium adalah senyawa yang penting di dalam tubuh manusia. Keberadaannya dapat membantu menstabilkan sel-sel otot dan organ tubuh. Kalium juga berperan penting untuk kesehatan syaraf pada tubuh manusia.

Manfaat Buah Kecapi

Manfaat buah Kecapi cukup banyak. Bahkan batang dan kulitnya saja bersifat sebagai anti-inflamasi. Berikut ini beberapa manfaat buah Kecapi yang sudah teruji:

  • Mengobati demam

Kecapi akan menguntungkan bagi Anda yang sering terkena penyakit demam atau untuk anak Anda yang rentan akan penyakit ini. Dengan mengonsumsi kecapi, maka demam akan berangsur terobati.

  • Obat sakit perut

Sakit perut dapat muncul karena beberapa faktor, bisa karena asam lambung yang meningkat atau karena bakteri. Konsumsilah buah kecapi ketika Anda mulai merasakan sakit perut. Rasa buahnya yang manis dan sedikit asam dapat mengurangi rasa sakit perut Anda. Selain itu,m buah kecapi juga bisa melancarkan pencernaan Anda.

  • Penguat setelah melahirkan

Buah kecapi juga dianjurkan dikonsumsi untuk ibu-ibu setelah melahirkan. Buah ini berguna sebagai sumber energi yang baik setelah proses melahirkan, agar terjaga staminanya dan segar kembali. Ibu yang sehat akan lebih produkif untuk memberikan ASI maupun merawat bayinya.

  • Mengobati penyakit cacing gelang

Obyek sering terserang penyakit cacing gelang adalah anak-anak. Hak tersebut dikarenakan, anak-anak senang bermain di sembarang tempat. Cacing gelang dapat masuk ke dalam perut melalui makanan yang dikonsumisi oleh anak. Jika sudah terserang penyakit ini, salah satu solusinya yaitu memakan buah kecapi. Karena khasiat kecapi dapat dijadikan obat untuk mangatasi penyakit cacing gelang.

  • Anti kanker

Manfaat kecapi pun sudah terbukti secara medis dapat mencegah penyakit kanker. Jika Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin maka tubuh Anda dapat terjaga dari penyakit kanker. Kanker termasuk penyakit berbahaya, sehingga perlu dicegah sedini mungkin.

  • Menurunkan kolesterol

Kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh tentunya bukan hal yang diinginkan. Jika terjadi, berbagai jenis penyakit yang akan mudah menyerang Anda, termasuk serangan jantung dan paru-paru. Makanlah buah kecapi untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

  • Melancarkan pencernaan

Perut yang sakit dapat diakibatkan dari sistem pencernaan yang bermasalah atau tidak berjalan lancar. Sisa makanan yang telah dikonsumsi dapat tersangkut di organ pencernaan. Nah, khasiat kecapi salah satunya untuk membantu melancarkan pencernaan, karena buah ini kaya akan serat.

  • Menyembuhkan peradangan

Kecapi juga dapat membantu untuk menyembuhkan peradangan, seperti peradangan pada tenggorokan. Buatlah jus dari perasan sari buah kecapi agar lebih mudah untuk dikonsumsi, terutama bagi tenggorokan Anda. Tenggorokan akan terasa lebih segar dan nyaman.

  • Menghambat sel tumor kulit

Penyakit tumor banyak jenisnya, salah satunya yaitu tumor kulit. Tumor kulit dapat dicegah buah kecapi. Konsumsilah buah ini dengan rutin agar dapat menghambat sel tumor kulit yang ada di dalam tubuh Anda.

  • Obat kram perut

Penyakit kram dapat pula menyerang bagian perut. Tnada-tandanya yaitu perut terasa kaku (pegal). Buah kecapi dapat membantu meredakan sakit kram pada perut Anda.

Melihat banyaknya manfaat buah kecapi, Anda tentu merasa tertarik untuk mencoba membelinya. Apalagi harga buah kecapi tergolong murah. Jika Anda penasaran bagaimana susahnya membuka daging buah kecapi, silahkan coba dan rasakan khasiatnya.

Incoming search terms:

  • harga buah kecapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *