Harga Buah Jeruk

Posted on

Harga Buah Jeruk – Buah memang sangat dibutuhkan banyak orang sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut setelah selesai makan. Selain itu buah juga mempunyai kandungan vitamin yang berguna bagi tubuh manusia, jadi tidak heran jika setiap kali makan pasti ada buah yang melengkapi.

Kenaikan harga untuk setiap jenis buah bahkan mencapai Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Begitu pula dengan harga buah jeruk jenis Dekopon yang di negara asalnya yaitu Jepang saja jeruk ini dihargai sekitar Rp 70.000 hingga Rp. 90.000 per buahnya.

Jeruk dekopon yang umumnya tumbuh di dataran tinggi ini terkenal kerena memiliki mahkota yang tumbuh pada pangkal buah tergolong unik seperti tubuh pesumo yang bulat, gempal, dan besar.

Bentuk buahnya itulah yang menjadikan Jeruk Dekopon termasuk unggul dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain itu, daging buahnya mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan serta tak berbiji. Karenaya buah jeruk dekopon termasuk dalam jenis bibit buah jeruk yang eksklusif.

Pohon Jeruk Dekopon mempunyai bentuk batang pohon yang sama dengan tanaman buah jeruk pada umumnya yaitu berwarna cokelat keabu-abuan dengan banyak cabang. Bentuk daunnya seperti batang sendok yang memanjang.

Buah jeruk dekopon memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jeruk lokal. Kulitnya saja lebih tebal dan agak agak kasar berwarna kuning emas jika sudah masak. Dagingnya tidak memiliki biji, dan bentuknya sepintas mirip dengan buah pir.

Buah jeruk dekopon bisa mencapai berat sekitar 1.3kg per buah. Dengan demikian Jeruk Dekopon memang layak dibudidayakan dengan baik karena memiliki nilai jual ekonomi yang sangat bagus.

Harga jeruk Dekopon cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga buah jeruk lainnya. Misalnya, Jeruk Mandarin Rp 36.000/kg, Jeruk Navel Rp 36.000/kg, Jeruk Siam Bali Rp 17.000/kg (ukuran besar), dan Jeruk Medan ukuran besar Rp 20.000/kg.

Di sejumlah pasar buah Banda Aceh, harga buah Jeruk dipatok berdasarkan ukuran buahnya. Untuk jeruk ukuran besar yang biasanya didatangkan dari Berastagi, Sumatera Utara, harganya dapat mencapai Rp 30.000/kg.

Sedangkan Jeruk dengan ukuran sedang dijual seharga Rp 25.000/kg dan Jeruk ukuran kecil sekitar Rp 20.000/kg. Rata-rata harga tersebut mengalami kenaikan sekitar Rp. 5.000/kg dari harga sebelumnya.

Jika membeli buah jeruk per peti/box/kotak tentu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Misalnya saja harga buah Jeruk Sunkist Navel Rp 280.000/box (14 kg) atau Jeruk Nicam/Markot Rp 345.000/box (isi 8-9kg/box). Jika membeli satu peti Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang diinginkan.

Kandungan Gizi dalam Buah Jeruk

Selama ini buah jeruk secara umum dikenal mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk kesehatan mulut dan kulit. Selain mengandung vitamin C jeruk juga memiliki kandungan gizi lainnya yaitu:

Kandungan Energi

Buah jeruk juga memiliki kandungan energi namun lebih sedikit bila dibandingkan dengan nasi. Energi tersebut dibutuhkan untuk metabolisme oleh makhluk hidup. Buah jeruk tidak dimasukkan sebagai makanan pokok untuk sumber energi karena energi yang dihasilkan oleh buah jeruk tidak terlalu besar.

Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat di dalam buah jeruk berguna untuk menghasilkan energi. Setiap 1gr karbohidrat akan menghasilkan 4 kkal.

Kandungan Kalsium

Kalsium digunakan untuk merawat tulang. Kalsium bekerja sama dengan fosfor dan vitamin D dalam pembentukan tulang. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium juga tidak baik, karena bisa menyebabkan batu ginjal.

Kandungan Lemak

Lemak juga terdapat di dalam buah jeruk, karena dalam jumlah yang relatif kecil lemak jeruk terkadang tidak diperhaikan. Lemak memiliki banyak manfaat salah satunya yaaitu sebagai co-enzim yang membantu vitamin dan beberapa enzim agar berfungsi dengan baik.

Manfaat mengkonsumsi Buah Jeruk

  • Mencegah kanker

Jeruk mengandung limonoid yang cukup besar. Karenanya mengonsumsi buah jeruk mampu mencegah penyakit kanker kulit, payudara, lambung, paru-paru, dan usus besar.

  • Mencegah batu ginjal

Minum jus jeruk setiap hari secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit batu ginjal. Namun jangan sampai berlebihan, karena gula yang pecah ketika jeruk dijadikan jus dapat membuat gigi cepat berlubang.

  • Menurunkan risiko kanker hati

Berdasarkan penelitian dari Jepang, mengonsumsi jeruk, khususnya jeruk mandarin, dapat menurunkan resiko terkena kanker hati. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A dalam buah jeruk yang disebut dengan nama carotenoid.

  • Menurunkan kolesterol

Jeruk ternyata juga kaya akan serat walaupun mengandung banyak air. Serat inilah yang dapat membantu menurunkan kolesterol tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam buah jeruk berguna dalam melindungi detak jantung agar tetap seimbang. Sehingga makan jeruk juga dapat mencegah penyakit kardiak aritmia atau detak jantung tidak teratur.

  • Menangkal penyakit

Dengan kandungan vitamin C yang cukup, buah jeruk dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Berbagai macam penyakit pun mampu dihalangi oleh buah ini.

  • Melawan infeksi virus

Penelitian telah membuktikan bahwa kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu menyerang infeksi virus dalam tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh pun dapat terjaga.

  • Mengatasi sembelit

Serat dalam buah jeruk bukan hanya ampuh dalam menurunkan kolesterol, namun juga mampu mengatasi sembelit. Hal ini akan membantu orang yang mempunyai masalah susah buang air besar.

  • Menyehatkan mata

Komponen carotenoid di dalam buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A seperti pada wortel. Memakan buah jeruk akan membantu menajga kesehatan mata.

  • Mengontrol tekanan darah

Terdapat flavonoid yang terkandung dalam buah jeruk. Manfaatnya adalah mengontrol dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

  • Melindungi kulit

Beta-carotene pada buah jeruk sebagai antioksidan kuat dapat melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, senyawa tersebut juga bisa menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan.

  • Menetralkan keasaman tubuh

Meskipun jeruk berasa asam saat dikonsumsi, ternyata buah ini mempunyai khasiat sebagai penyeimbang kadar keasaman dalam tubuh. Dengan demikian, keasaman tubuh bisa bersifat netral.

  • Karbohidrat sehat

Seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah jeruk adalah kadar glikemik indeksnya hanya berjumlah 40. Jumlah yang tergolong rendah tersebut, menjadikan jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah atau berat badan.

Setelah mengetahui mulai dari harga buah jeruk sampai kandungan dan manfaatnya, tentu Anda akan tertarik untuk membeli dan mengonsumsi buah jeruk. Bahkan buah jeruk sudah sering dijadikan pilihan untuk hidangan orang yang sedang sakit. Karenanya, mulailah menjaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi buah-buahan.

Incoming search terms:

  • harga jeruk 1 kg
  • harga jeruk
  • harga jeruk per kg
  • Harga buah jeruk
  • harga buah jeruk 1 kg
  • harga jeruk perkilo
  • harga jeruk per kilo
  • harga jeruk 1 peti 2018
  • harga jeruk 1 peti di pasar induk
  • harga jeruk di medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *