Harga Buah Jambu Air

Posted on

Harga Jambu Air – Dilihat dari kacamata bisnis, menanam jambu air memang mendatangkan banyak keuntungan. Hal ini terbukti dari tingginya minat pasar atau konsumen akan buah jambu air.

Harga buah jambu air dengan isi 5-7 buah, dihargai cukup mahal yaitu berkisar antara Rp 30.000 – Rp 60.000 bergantung kualitasnya.

Apalagi bila buah tersebut masuk ke pasar-pasar modern seperti Swalayan atau Supermarket, harga akan lebih mahal lagi.

Jenis-jenis Jambu Air

Jambu air adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara dan termasuk dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae.

Jambu air termasuk jenis buah tanaman hortikultura beriklim tropis yang memiliki rasa manis karena mengandung gula dan vitamin C yang baik untuk menambah energi tubuh dan menjaga daya tahan agar tidak mudah terserang penyakit.

Jambu air dimasukkan sebagai buah yang memiliki nilai potensial tinggi untuk dikembangkan. Karena belum banyak pembudidaya tanaman hortikultura tertarik pada jenis tanaman yang satu ini.

Jambu air madu juga merupakan jenis buah jambu air yang paling manis sehingga banyak dicari para pencinta buah tropika hortikultura karena adanya sensasi rasa manis dan renyah.

Jambu madu termasuk jenis tanaman asli Indonesia yang memiliki bobot buah antara 40-50 gram. Jenis buah jambu madu ini dapat dipanen 3-3.5 tahun setelah dilakukan penanaman.

Adapun budidaya tanaman jambu madu ini dapat dilakukan dengan cara vegetatif menggunakan teknik sambung dan cangkok.

Jambu air memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya yaitu jambu air madu jenis kesuma merah atau deli merah dengan ciri-ciri dagingnya padat dan sangat rapuh.

Warnanya yang merah menggoda seringkali menarik para konsumen untuk memilih jambu yang satu ini.

Kekurangan dari jambu madu tersebut adalah pada waktu berbuahnya yang lebih lama karena pohonnya besar dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

Berbeda dengan jenis buah jambu air pada umumnya, jambu madu deli ini memiliki ukuran yang sangat besar.

Kelebihan jambu air tersebut yaitu memiliki rasa yang sangat manis seperti madu sehingga tidak kaget jika jambu ini mendapat julukan sebagai jambu madu.

Jambu air madu deli merupakan hasil turunan dari persilangan jambu madu. Keunggulan dari jenis jambu ini adalah jambu madu deli memiliki rasa manis dan legit, serta mengandung lebih banyak air.

Selain itu jambu madu deli juga tidak memiliki biji sama sekali, Bibit hasil budidaya vegetatif dapat berbuah lebih cepat yaitu berkisar 2,5-3 tahun setelah penanaman.

Kandungan Buah Jambu Air

Jambu air mempunyai manfaat lain berdasarkan kandungan yang ada di dalam buahnya, diantaranya yaitu:

  • Air

Jambu air jelas akan mengandung banyak air. Bahan ini sangat penting dan diperlukan oleh tubuh kita, terutama dipakai sebagai alat metabolisme tubuh.

Kekurangan air dapat mengganggu fungsi organ tubuh, terutama ginjal yang mengakibatkan kotoran tidak dapat tersaring keluar dari tubuh dengan optimal. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit batu ginjal.

Manfaat jambu air yaitu dapat mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan kandungan airnya yang mencapai 93% dari tiap-tiap buahnya.

Artinya setiap100 gram buah jambu air, terdapat kurang lebih 93 gram air. Kebutuhan air yang tercukupi mengakibatkan tubuh menjadi lebih segar dan fit.

  • Vitamin A

Jambu Air mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan mata serta menambah imunitas tubuh dengan mendorong kinerja sel darah putih atau leukosit yang kemudian disebut antibodi atau antivirus. Kekurangan vitamin A biasanya terjadi pada orang yang terinfeksi HIV-AIDS.

  • Vitamin C

Vitamin C yang terkandung di dalam buah Jambu Air pun cukup tinggi. Setiap 100 gram buah jambu air mengandung Vitamin C sebesar 22 mg yang hampir setara dengan buah Jeruk Mandarin.

Vitamin C mempunyai manfaat untuk membantu proses antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan zat besi.
Manfaat Buah Jambu Air

Jambu air mengandung banyak vitamin C, besi serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niacin, dan kalium. Senyawa organik di dalam jambu air mengandung jambosine, asam betulinic, dan lakton Friedel.

Jambu air yang merupakan tanaman buah-buahan mudah dijumpai di sekitar halaman rumah. Buah jambu air dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan dengan kandungan airnya yang melimpah ini memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Mengontrol Diabetes

Jambosine yang merupakan jenis alkaloid dapat menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi gula.

Hal ini merupakan keuntungan yang sangat berguna bagi penderita diabetes dan orang-orang mempunyai resiko terkena diabetes.

  • Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah jambu air menjadikan tubuh lebih mudah mengatur proses pencernaan makanan.

Selain itu jambu air juga dapat menghilangkan sembelit seperti manfaat dari jambu biji. Dalam ilmu pengobatan tradisional jambu air digunakan untuk mencegah diare dan disentri pada bagian bijinya.

  • Pencegahan Kanker

Senyawa organik aktif di dalam jambu air mengandung vitamin C dan vitamin A, yang dapat berguna untuk pencegahan dan pengobatan kanker yang baik.

Kanker payudara dan kanker prostat dapat berkurang dengan menambahkan jambu air untuk diet.

  • Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses normal dari tubuh manuasi untuk menetralkan atau membuang racun melalui colon, paru-paru, limpatik, liver, ginjal, dan kulit.

Rebusan jambu biji telah digunakan sebagai zat diuretic selama ratusan tahun. Hal ini dapat membantu membersihkan toksisitas ginjal dan hati.

Selain itu, manfaatnya juga untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh dan menambah efisiensi metabolisme tubuh.

  • Menyehatkan Jantung

Gabungan antara serat dan nutrisi di dalam jambu air berpengaruh pada efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol.

Hal ini dapat membantu mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Komponen yang aktif dan stabil di dalam jambu air juga berbengaruh terhadap efek anti jamur dan antimikroba.

Hal tersebut, dapat menjagai kulit dari serangan berbagai infeksi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Jambu air juga dipercaya dapat menjaga kesehatan dan mempercantik kulit. Potensi tersebut cukup besar, karena jambu air mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. Untuk perawatan kecantikan.

Vitamin C juga mempunyai peran sangat penting. Yaitu dengan melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar.

Vitamin C akan merangsang pembentukan kolagen kulit serta melindunginya dari kerusakan. Vitamin C bisa juga sebagai water holder sehingga dapat melindungi kelembapan kulit serta mencegah kulit kering.

Setelah mengetahui harga jambu air, kandungan buahnya, serta manfaat yang dapat diperoleh jika mengonsumsinya,

Anda dapat menjadikan buah ini sebagai pilihan yang tepat untuk menu sehari-hari. Semoga kesehatan Anda terjaga, dengan teratur mengkonsumsi buah

Incoming search terms:

  • harga jambu air per kg 2019
  • harga jambu air di pasar
  • harga jambu dalhari per kilo
  • harga jambu air
  • harga jambu air di pasar buah
  • harga jambu air per kg
  • harga buah jamlu bol per kilo
  • harga jambu air citra per kg
  • pasar jambu air
  • harga jambu air merah taun ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *