Harga Buah Aprikot Per Kg

Posted on

Harga Buah Aprikot– Prunus Armeniaca yaitu bahasa Latin untuk “plum Armenia” atau disebut juga sebagai nama lain buah aprikot (Armeni Armenia: Ծիրան, Mandarin: 杏 xing) merupakan salah satu spesies dari subgenus Prem.

Karakteristik Pohon Aprikot

Aprikot merupakan pohon yang kecil dengan tinggi 8 sampai 12 m, batangnya mencapai 40 cm dengan diameter kanopi, yaitu padat menyebar.

Daun aprikot berbentuk bulat telur, sepanjang 5 sampai 9 cm dan 4 sampai 8 cm lebarnya.

Dasarnya bulat, berujung runcing dan marginnya bergerigi halus. Bunganya memiliki diameter 2 – 4,5 cm, lima kelopak putih merah muda terdapat pada bunga ini.

Aprikot diproduksi secara tunggal atau berpasangan pada awal musim semi sebelum daun. Buah apricot masih satu kerabat dengan plum, nectarine dan persik dengan nama ilmiah Prunus Armenia.

Buah aprikot berasal dari Asia yang ditemukan lebih dari 4000 tahun yang lalu. Tanaman ini memiliki kemungkinan besar berasal dari sebelah utara dan barat daratan Asia Tengah atau Cina, tetapi dimungkinkan juga berasal dari Jepang atau Korea.

Buah ini tumbuh dengan baik di iklim hangat sehingga banyak negara yang ingin mengimpornya dari negara dengan iklim lebih dingin.

Harga Buah Aprikot Per Kg

Bagi anda yang tertarik membelinya, kami memiliki daftar harga aprikot seperti berikut. Apabila anda sedang ingin mencipipi kenikmatan aprikot maka tak usah khawatir. Buah ini telah tersedia di Indonesia meski bukan merupakan buah asli local.

Harga buah aprikot di Indonesia yang akan anda dapatkan bervariasi. Anda dapat menemukannya di toko – toko online seperti Lazada, Elevenia, Alfachart dengan harga bermacam – macam.

Untuk harga buah aprikot kering dengan berat 100 gr mempunyai harga Rp 36.700,- ; ukuran 250 gr dengan harga Rp 66.700.

Jika anda membeli buah ini dengan berat 500 gr maka anda cukup membayarnya dengan Rp 90.000.

Sedangkan berat yang lebih besar yaitu 1 kg mempunyai harga Rp 246.000. Itulah daftar harga buah aprikot di Indonesia. Jika anda ingin menikmati jus apricot juga telah tersedia dengan harga Rp 40.000,-.

Manfaat Buah Aprikot

Ada beragam khasiat buah apricot yang dapat anda peroleh setelah mengonsumsinya. Berikut beberapa di antaranya :

  • Serat

Aprikot merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat dibutuhkan oleh tubuh guna membantu mengurangi tekanan darah dan mendukung fungsi usus.

  • Vitamin A (Retinol)

Aprikot merupakan sumber vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol. Senyawa yang dapat larut dalam lemak ini dapat membantu meningkatkan penglihatan dan perkembangan janin agar sehat.

Kandungan vitamin A dalam buah ini menjaga kulit dan selaput lendir tetap sehat serta juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin C

Dikenal juga sebagai asam askorbat, merupakan salah satu vitamin yang ditemukan dalam apricot. Vitamin ini adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan disebabkan oleh radikal bebas.

Pada akhirnya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit lainnya. Vitamin ini juga dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, degenerasi makula yang terkait usia dan flu biasa serta osteoarthritis.

Makanlah aprikot segar karena akan memberi anda lebih banyak nutrisi ketimbang apricot kering. Hal ini disebabkan karena vitamin ini sensitif terhadap cahaya, udara dan panas.

  • Kalium.

Merupakan mineral yang dibutuhkan oleh setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik. Senyawa ini juga diperlukan untuk menjaga kontraksi otot dan fungsi jantung.

Kalium juga berperan penting dalam menurunkan tekanan darah, pembentukan tulang, dan mengurangi risiko stroke. Satu buah apricot mengandung 6% RDA yang diperlukan untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Selain itu, kalium dalam buah aprikot juga berguna menyeimbangkan tekanan darah, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi.

  • Mencegah kanker

Radikal bebas diproduksi dalam tubuh akibat sinar UV, polusi, dan asap kendaraan. Proses pertumbuhan sel serta membawa perubahan dalam DNA sel menjadi terhambat sehingga merusak jaringan sel.

Kondisi tersebut menyebabkan pembentukan sel kanker. Apricot yang kaya akan vitamin C dan A menjadi antioksidan kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan penyakit kanker.

  • Menjaga keseimbangan pada cairan tubuh.

Buah apricot mengandung mineral seperti kalium dan natrium yang penting untuk menjaga keseimbangan kadar elektrolit di dalam tubuh. Hal ini penting sebagai transportasi ion – ion pada tiap sel tubuh.

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh juga penting guna kontraksi otot. Dengan demikian, natrium dan kalium di dalam aprikot membantu mencegah tubuh untuk mengalami dehidrasi.

  • Baik untuk wanita hamil.

Karena mengandung vitamin A, C dan E serta mineral penting seperti fosfor, silikon, kalsium, zat besi dan kalium. Wanita hamil sering disarankan untuk mengkonsumsi apricot kering karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang penting untuk mencegah anemia.

Sebelum mengkonsumsi buah ini sebaiknya harus dicuci dengan benar untuk menghilangkan bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit makanan seperti toksoplasmosis dan listeriosis menurut FDA dan American Pregnancy Association.

Kandungan Buah

Carotenoids (sejenis antioksidan) merupakan kandungan yang paling tinggi dalam buah ini, bahkan di atas rata-rata buah yang lain.

Kandungan fiber yang dimiliki buah apricot cukup tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai pereda diare atau konstipasi. Buah ini juga bisa digunakan untuk membantu detoksifikasi serta penawar rasa dahaga.

Buah apricot mengandung banyak vitamin serta nutrisi, yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini juga memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang anda butuhkan untuk setiap hari.

Kandungan gizi buah apricot mentah

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz) :

Vitamin C 10 mg (17%)

Energi 201 kJ (48 kcal)

Diet serat 2 g

Lemak 0,4 g

Beta-karoten 1094 mg (10%)

Protein 1,4 g

Karbohidrat 11 g

Gula 9 g

Vitamin A equiv. 96 mg (11%), dan

Besi 0,4 mg (3%)

(Sumber: USDA Nutrient database)

Kandungan gizi apricot kering

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz) :

Vitamin A equiv. 180 mg (20%)

Energi 1.009 kJ (241 kcal)

Karbohidrat 63 g

Protein 3.4 g

Gula 53 g
Beta-karoten 2163 mg (20%)

Diet serat 7 g

Lemak 0,5 g

Vitamin C 1 mg (2%)

dan Besi 2,7 mg (22%)

(Sumber: USDA Nutrient database)

Buah ini telah terbukti memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Jika anda belum pernah mencicipi buah ini, kami sangat menyarankan untuk mencobanya.

Tidak ada salahnya mencoba buah yang unik ini. Meskipun bukan buah lokal, rasanya tidak kalah enak dengan buah lainnya.

Anda dapat memilih bentuk apricot yang sesuai yang dibutuhkan, baik kering maupun segar.

Sekian pembahasan dari kami mengenai harga buah apricot serta beragam manfaatnya.

Incoming search terms:

  • harga buah aprikot
  • pohon aprikot bandung
  • POHON APRICOT
  • Kata lain buah ap
  • jual buah aprikot segar
  • harga pasaran aprikot kering
  • harga buah aprikot segar
  • harga buah aprikot di indonesia
  • harga buah aplikot di pasaran
  • Dimanakh jual buah aprikot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *